Kembali ke blog
<strong>Cara Merancang Booth Pameran Menarik&nbsp;</strong>

<strong>Cara Merancang Booth Pameran Menarik&nbsp;</strong>

Event

Senin, 4 Juli 2022

Secara global, booth pameran merupakan sebuah set yang digunakan sebagai sarana promosi produk, jasa, maupun branding sebuah usaha dalam suatu acara.

Desain memegang peranan penting dalam menentukan performa booth

Sebuah booth dapat dikatakan memiliki performa yang baik apabila mampu menarik perhatian pengunjung, memperkenalkan konten yang ditawarkan dan menyampaikan pesan di balik tujuan didirikannya. 

Apabila ingin merancang sebuah booth pameran atau meningkatkan desain booth, simak tips-tips berikut ini :

Perhatikan Penggunaan Warna

Teori psikologi warna sangat bermanfaat dan dapat diterapkan pada desain booth untuk membangun suasana dan persepsi.

Warna-warna cerah dan  kontras lebih menarik perhatian apabila dibandingkan dengan warna yang memiliki saturasi rendah. 

Beberapa hal yang dapat dipelajari untuk menambah pengetahuan dalam hal memadu padankan warna yakni kombinasi warna analogus (senada).

Kombinasi warna monokrotmatik, kombinasi warna komplementer, kombinasi warna komplementer triad dan tetra, kombinasi warna split complementary, warna hangat dan dingin serta psikologi warna.  

Perlu diingat juga bahwa warna yang akan digunakan pada desain booth harus sesuai dengan tema atau branding.

Branding

Desain sebuah booth harus dapat merepresentasikan nilai dari brand dan secara efektif menyampaikan pesan kepada pengunjung. 

Keseluruhan desain booth sebaiknya satu tema, konsisten dan terlihat sebagai satu kesatuan. 

Perkuat branding pada booth dengan penggunaan warna yang mencerminkan brand serta peletakkan logo, tagline, maupun informasi penting lainnya tentang brand pada beberapa elemen booth.

Perhatikan Aspek Emosional

Buat pengunjung merasakan perasaan positif saat berada di area booth.

Penting bagi pengunjung untuk merasa disambut saat mengunjungi suatu booth.

Agar terlihat lebih welcoming, booth bisa menggunakan konsep open space yang terbuka dan minim partisi. 

Booth yang terlalu tertutup akan menimbulkan kesan eksklusif yang membuat orang ragu untuk berkunjung. 

Cara lain untuk menghadirkan kesan welcoming pada booth adalah dengan signage dan wayfinding yang jelas agar saat berada di area booth  pengunjung tidak merasa asing dan kebingungan saat menjelajah.

Booth yang fun memiliki nilai tambah di mata pengunjung. Kesan fun dapat dihadirkan dengan menambahkan elemen interaktif seperti display layar sentuh, game area, hologram, projection mapping, Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan teknologi interaktif lainnya. 

Elemen interaktif yang dihardikan pada booth merupakan elemen yang penting ada karena akan menimbulkan rasa penasaran, mengalihkan fokus pengunjung lebih lama kepada booth, dan meningkatkan interaksi pengunjung dengan konten booth. 

Selain contoh-contoh tersebut, area berfoto atau photobooth juga dapat memberikan kesan fun bagi pengunjung. 

Booth yang interaktif akan lebih menarik perhatian pengunjung, namun perlu diingat bahwa elemen interaktif tidak boleh mendominasi dan  harus tetap relevan dengan konten yang ingin disampaikan melalui booth yang didirikan. 

Implementasi elemen interaktif ini sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.  

Instruksi yang disediakan berkenaan dengan elemen interaktif juga harus jelas agar tidak menimbulkan keraguan bagi pengunjung yang ingin mencoba fasilitas tersebut.

Selain kesan yang fun, booth juga dapat menarik perhatian pengunjung dengan memancing rasa penasaran mereka. 

Salah satu caranya adalah dengan meletakkan sesuatu yang penuh makna namun terlihat tidak pada tempatnya di titik fokus booth akan menimbulkan pertanyaan di benak pengunjung dan mendorong mereka untuk mencari tahu lebih dalam lagi. 

Salah satu contoh yang bisa diterapkan yakni dengan menggunakan ciri khas brand yang unik namun jarang disadari orang. 

Perlu dipastikan bahwa elemen kejutan yang dipilih mampu menyampaikan cerita dan makna yang menjadi alasan keberadaannya di booth tersebut. 

Desain Booth Tampil Beda

Untuk dapat menarik perhatian, desain booth harus berbeda dari yang lainnya.

Salah satu cara agar booth tidak tenggelam di tengah booth lain adalah dengan menciptakan dunia yang berbeda melalui sebuah set. 

Contohnya adalah dengan membuat booth yang memiliki suasana outdoors atau tempat-tempat tertentu.

Cara ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung sehingga akan lebih menarik dan lebih berkesan di benak mereka.

Sebuah desain booth yang menarik perhatian membutuhkan esensi, pesan, atau cerita yang melandasi tujuan didirikannya booth tersebut, karena hal-hal tersebut yang menjadi nilai tambah booth di mata pengunjung. 

Segera tingkatkan desain booth dan tarik sebanyak mungkin perhatian pengunjung dengan mengimplementasikan tips-tips tersebut diatas.

Untuk memenuhi segala ekspektasi terkait design & production booth menarik langsung kontak www.comeworks.id/hubungi-kami/ .

Bagikan :

Berita Lainnya

Pameran Indofest 2022 Bakal Menarik Bagi Petualang

Pameran Indofest 2022 Bakal Menarik Bagi Petualang

Ada pameran menarik bagi para petualang. Pameran ini merupakan pameran dunia petualangan terbesar bernama Indofest (Indonesia Outdoor Festival) 2022 yang akan kembali digelar pada tanggal 1 - 4 September 2022 dan berlangsung di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Pameran Indofest 2022 ini akan menghadirkan penyedia peralatan dan layanan petualangan terbesar dan kegiatan outdoor dalam negeri maupun luar negeri. Seperti penyelenggara trekking, peyelenggara perjalanan, hotel, resort, dan tentunya booth-booth penyedia peralatan petualangan berbagai brand keren. Pameran yang berisikan aktivitas petualangan anak-anak muda ini, sudah pasti akan menghadirkan berbagai acara, seperti talk show, workshop dan lainnya untuk memperkaya pengetahuan petualangan para pengunjung. Pada pameran Indofest 2022 para pengunjung juga akan dapat menemukan berbagai perlengkapan beragam petulangan alam bebas seperti mendaki gunung, trail, panjat tebing, arung jeram, diving, kano dan lainnya sebagainya. Sumber gambar http://indo-fest.com/2022/index.html Selain itu para pengunjung pameran Indofest juga dapat membeli produk-produk dari brand ternama, pastinya bertabur diskon juga. Bagi Sobat Comeworks yang suka sama petualangan wajib banget datang ke pameran Indofest 2022, dapatkan produk yang diimpikan serta pengalaman berharga saat memasuki area pameran Indofest. Lokasi Pameran Indofest sangat strategis banget, pengunjung dari Jabodetabek dapat dengan mudah sampai ke lokasi. Makin seru jika berkunjung ke pameran Indofest bareng teman berpetualang jadi makin maksimal kunjungan ke Indofest 2022 nya. Bagi Brand-brand yang akan membuka booth di pameran Indofest bisa berkonsultasi atau menjadikan Comeworks sebagai vendor booth. Comeworks dapat mendesain &amp; memproduksi Booth Event Custom untuk berbagai kebutuhan event. Baik untuk pameran skala Nasional &amp; Internasional, dengan konsep kreatif serta inovatif. Selain itu Comeworks juga selain mengerjakan berbagai desain booth, interior desain &amp; event management. Comeworks juga menawarkan solusi (Konsep &amp; eksekusi) untuk klien yang masih belum memiliki ide serta gagasan dalam berbagai kebutuhan exhibition. Untuk mendapatkan info menarik seputar pameran yang berlangsung di Indonesia silahkan kunjungi link berikut www.comeworks.id/cara-merancang-booth-pameran-menarik/ . Jika ingin melihat booth preview yang pernah Comeworks buat silahkan klik link berikut www.comeworks.id/preview-3d-booth/ .

Semarak Pameran GIIAS 2022 Buat Pecinta Mobil Listrik Wajib Datang 

Semarak Pameran GIIAS 2022 Buat Pecinta Mobil Listrik Wajib Datang 

Pameran GIIAS 2022 atau Gaikindo Indonesia International Auto Show sedang berlangsung di ICE BSD City Tangerang, Banten. Hari ini tanggal 11 Agustus 2022 menjadi hari pertama dan momen pembukaan pameran GIIAS 2022 berlangsung sampai dengan 21 Agustus 2022. Pameran GIIAS 2022 mengusung tema "The future is Bright" dengan mengedepannkan era kendaraan listrik beserta ekosistemnya. Pameran GIIAS 2022 juga menjadi kelahiran era kendaraan Battery Electric Vehicles (BEV). Dari merek Wuling akan meluncurkan secara global mobil listrik mungil bernama Wuling Air ev. Mobil ini dirakit di pabrik PT SGMW Wuling Motor Indonesia, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dan akan dijual di pasar domestik Indonesia, serta buat memenuhi kebutuhan ekspor. Selain Wuling, Kia juga memastikan peluncuran dua model kendaraan listriknya di arena GIIAS 2022. Salah satu modelnya kemungkinan besar adalah Kia EV6, yang merupakan kembaran Hyundai Ioniq5. Kia juga akan memamerkan Sorento Hybrid dan Carens. Kendaraan elektrifikasi juga menjadi hidangan merek-merek lainnya seperti Toyota, Lexus, Morris Garage, serta Isuzu. Namun belum diketahui pasti model apakah yang akan dirilis, kecuali Isuzu dengan truk elf listriknya. Sementara Hyundai dipastikan merilis Stargazer untuk publik. Sebelumnya mobil low MPV pesaing Avanza-Xpander itu hanya dirilis terbatas untuk kalangan awak media.  Menarik menantikan bakal selaris apa Stargazer di GIIAS 2022 nanti. Dari merek Mitsubishi akan membawa Xpander AP4 dengan tampilan baru. Model lainnya yang akan dirilis adalah New Xpander Cross yang akan memiliki eksterior baru dan sejumlah fitur modern, seperti wireless charging. Kemudian Suzuki akan memperkenalkan SUV mungil mereka, S-Presso. Sementara Nissan akan mencoba menantang duo Pajero Sport dan Fortuner melalui peluncuran Nissan Terra terbaru. Kabarnya Subaru juga akan memperkenalkan SUV kompak terbaru mereka di sini. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengucapkan terima kasih atas kontribusi industri otomotif dalam negeri untuk perbaikan perekonomian Indonesia pada tahun ini. Pada kuartal dua tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat meningkat 5,44 persen ketimbang periode sama tahun lalu. Indonesia sehat saat perekonomian dunia bergejolak karena berbagai krisis termasuk perang. Pemerintah sejak tahun lalu telah memberikan insentif diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) buat industri otomotif. Kebijakan ini telah menggerakkan produksi mobil yang sempat hancur saat dihantam pandemi Covid-19 dan akhirnya penjualan mobil perlahan bangkit. Penjualan mobil pada 2021 moncer dengan catatan 887.220 unit, ini naik pesat sebesar 66 persen dari 2020 yang cuma 532.407 unit. Sementara itu pada semester satu tahun ini penjualan mobil juga terekam meningkat yaitu 475.321 unit atau naik 20,8 persen dari periode sama 2021. Pameran GIIAS otomotif skala internasional ini dihadiri oleh 25 merek kendaraan penumpang dan komersial. Segera beli tiket dan hadiri pameran besar yang satu ini ya Sobat Comeworks.  Comeworks menyediakan Booth Event Custom untuk berbagai kebutuhan event, pameran skala Nasional &amp; Internasional, dengan konsep kreatif serta inovatif.

Event Pop Art Jakarta 2022 Digelar di Senayan Park Jakarta

Event Pop Art Jakarta 2022 Digelar di Senayan Park Jakarta

Event yang di tunggu oleh para kreator dari seluruh penjuru Indonesia, sebut saja event Pop Art Jakarta 2022 yang akan kembali akan digelar pada 13 Agustus hingga 4 September 2022.Berlokasi di Senayan Park Jakarta bertempat Lantai 1. Pagelaran yang di ikuti oleh para insan kreator ini, merupakan pagelaran untuk kedua kalinya sejak Desember 2021.Pop Art Jakarta 2022 adalah sebuah gelaran pameran para kreator IP (Intelektual Properti) untuk menampilkan berbagai jenis karya terbaik.Event Pop Art kali ini mengusung tema "Collecting Moment and Happiness" ini merupakan kerja sama Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan AIPI (Asosiasi Intelektual Properti Indonesia). Seperti tahun pertama digelar, Pop Art Jakarta 2022 bakal berlangsung seru dan mengasyikkan. Untuk roundown acara dapat di cek melalui laman instagram https://www.instagram.com/p/Cg9J32kvmpk/?hl=en . Terkait pemesanan tiket pun dapat di cek pada link instagram tersebut, jangan sampai terlewat ya. Event Pop Art Jakarta 2022 ini pasti sangat menarik, tetap gunakan masker ya Sobat Comeworks. Semoga semakin banyak event menarik untuk di datangi oleh berbagai kalangan, supaya para pelaku event &amp; exhibition mendapatkan banyak pekerjaan dan perekonomian kembali pulih seperti sedia kala. Dukung terus event Indonesia, hadiri dan ramaikan dengan tertib. Untuk info menarik lainnya seputar event silahkan cek www.citra-mandiri-kreatif.com/rekomendasi-event-menarik-di-bulan-agustus-2022-untuk-perusahaan/ . Jika Sobat Comeworks sedang mencari vendor booth, backdrop, stage untuk keperluan pameran, silahkan langsung hubungi Comeworks Jl. Kemiri Raya no.60, RT 01/RW 11 Pondok Cabe Udik, Pamulang Tangerang Selatan Banten 15418 Kontak WA +62 877-1100-4304 Atau kirum DM ke instagram https://www.instagram.com/comeworks.id .