Secara global, booth pameran merupakan sebuah set yang digunakan sebagai sarana promosi produk, jasa, maupun branding sebuah usaha dalam suatu acara.
Desain memegang peranan penting dalam menentukan performa booth.
Sebuah booth dapat dikatakan memiliki performa yang baik apabila mampu menarik perhatian pengunjung, memperkenalkan konten yang ditawarkan dan menyampaikan pesan di balik tujuan didirikannya.
Apabila ingin merancang sebuah booth pameran atau meningkatkan desain booth, simak tips-tips berikut ini :
Perhatikan Penggunaan Warna
Teori psikologi warna sangat bermanfaat dan dapat diterapkan pada desain booth untuk membangun suasana dan persepsi.
Warna-warna cerah dan kontras lebih menarik perhatian apabila dibandingkan dengan warna yang memiliki saturasi rendah.
Beberapa hal yang dapat dipelajari untuk menambah pengetahuan dalam hal memadu padankan warna yakni kombinasi warna analogus (senada).
Kombinasi warna monokrotmatik, kombinasi warna komplementer, kombinasi warna komplementer triad dan tetra, kombinasi warna split complementary, warna hangat dan dingin serta psikologi warna.
Perlu diingat juga bahwa warna yang akan digunakan pada desain booth harus sesuai dengan tema atau branding.
Branding
Desain sebuah booth harus dapat merepresentasikan nilai dari brand dan secara efektif menyampaikan pesan kepada pengunjung.
Keseluruhan desain booth sebaiknya satu tema, konsisten dan terlihat sebagai satu kesatuan.
Perkuat branding pada booth dengan penggunaan warna yang mencerminkan brand serta peletakkan logo, tagline, maupun informasi penting lainnya tentang brand pada beberapa elemen booth.
Perhatikan Aspek Emosional
Buat pengunjung merasakan perasaan positif saat berada di area booth.
Penting bagi pengunjung untuk merasa disambut saat mengunjungi suatu booth.
Agar terlihat lebih welcoming, booth bisa menggunakan konsep open space yang terbuka dan minim partisi.
Booth yang terlalu tertutup akan menimbulkan kesan eksklusif yang membuat orang ragu untuk berkunjung.
Cara lain untuk menghadirkan kesan welcoming pada booth adalah dengan signage dan wayfinding yang jelas agar saat berada di area booth pengunjung tidak merasa asing dan kebingungan saat menjelajah.
Booth yang fun memiliki nilai tambah di mata pengunjung. Kesan fun dapat dihadirkan dengan menambahkan elemen interaktif seperti display layar sentuh, game area, hologram, projection mapping, Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan teknologi interaktif lainnya.
Elemen interaktif yang dihardikan pada booth merupakan elemen yang penting ada karena akan menimbulkan rasa penasaran, mengalihkan fokus pengunjung lebih lama kepada booth, dan meningkatkan interaksi pengunjung dengan konten booth.
Selain contoh-contoh tersebut, area berfoto atau photobooth juga dapat memberikan kesan fun bagi pengunjung.
Booth yang interaktif akan lebih menarik perhatian pengunjung, namun perlu diingat bahwa elemen interaktif tidak boleh mendominasi dan harus tetap relevan dengan konten yang ingin disampaikan melalui booth yang didirikan.
Implementasi elemen interaktif ini sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.
Instruksi yang disediakan berkenaan dengan elemen interaktif juga harus jelas agar tidak menimbulkan keraguan bagi pengunjung yang ingin mencoba fasilitas tersebut.
Selain kesan yang fun, booth juga dapat menarik perhatian pengunjung dengan memancing rasa penasaran mereka.
Salah satu caranya adalah dengan meletakkan sesuatu yang penuh makna namun terlihat tidak pada tempatnya di titik fokus booth akan menimbulkan pertanyaan di benak pengunjung dan mendorong mereka untuk mencari tahu lebih dalam lagi.
Salah satu contoh yang bisa diterapkan yakni dengan menggunakan ciri khas brand yang unik namun jarang disadari orang.
Perlu dipastikan bahwa elemen kejutan yang dipilih mampu menyampaikan cerita dan makna yang menjadi alasan keberadaannya di booth tersebut.
Desain Booth Tampil Beda
Untuk dapat menarik perhatian, desain booth harus berbeda dari yang lainnya.
Salah satu cara agar booth tidak tenggelam di tengah booth lain adalah dengan menciptakan dunia yang berbeda melalui sebuah set.
Contohnya adalah dengan membuat booth yang memiliki suasana outdoors atau tempat-tempat tertentu.
Cara ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung sehingga akan lebih menarik dan lebih berkesan di benak mereka.
Sebuah desain booth yang menarik perhatian membutuhkan esensi, pesan, atau cerita yang melandasi tujuan didirikannya booth tersebut, karena hal-hal tersebut yang menjadi nilai tambah booth di mata pengunjung.
Segera tingkatkan desain booth dan tarik sebanyak mungkin perhatian pengunjung dengan mengimplementasikan tips-tips tersebut diatas.
Untuk memenuhi segala ekspektasi terkait design & production booth menarik langsung kontak www.comeworks.id/hubungi-kami/ .